• Rajalele

    Rajalele SuperNASA

  • lab Natural nusantara

    LAB NATURAL NUSANTARA

  • UDANG VITERNA

    UDANG VITERNA

  • JAMUR TIRAM POCNASA

    JAMUR TIRAM POCNASA

  • AYAM VITERNA

    AYAM VITERNA

KOMBINASI PAKAN AYAM IRIT (lanjutan)

Agar tidak lupa berikut bahasan terakhir pada tulisan sebelumnya mengenai pakan ayam dan efisiensi produksi
Efisiensi ProduksiJika pakan yang diberikan dibanding dengan pertambahan bobot ayam dihitung, maka akan diketemukan angka yang menunjukkan efisiensi produksi ayam pedaging. misalnya pada umur 28 hari 20 ekor ayam kita timbang menghasilkan bobot 30kg sedangkan pakan yang kita berikan  selama 28 hari adalah 50 kg, maka setiap kg pakan akan menghasilkan 0,6 kg bobot ayam.
Pertanyaannya, apakah bisa terjadi efisiensi pakan lebih baik dari standard genetik yang telah dibakukan oleh "pabrik" DOC?
Biasanya efisiensi dikaitkan dengan biaya produksi terutama harga pakan. Kejadian yang sering dialami para peternak adalah ketika mengikuti SOP, atau takaran atau anjuran atau apapun sebutannya berkaitan dengan jenis dan takaran pakan pada umur tertentu, harga pakan yang ditentukan pabrik DOC naik, sehingga menyebabkan biaya produksi meningkat.

Pakan yang direkomendasikan oleh pabrik DOC seringkali berkait atau 1 kelompok usaha. hal ini dinilai wajar karena kunci genetik DOC adalah rahasia perusahaan. Sehingga rumusan nutrisi pada pakan juga menjadi "senjata" untuk bersaing dengan pesaing. Kombinasi kandungan nutrisi yang ada dalam pakan diperusahaan pakan tersebut terkait dengan genetika DOC. Sehingga seringkali menjadi kartu mati bagi peternak, karena kesulitan mengelola efisiensi pakan.

Namun demikian peluang efisiensinya bukan tidak ada, terutam jika para peternak berani mencoba mencari kombinasi pakan sendiri. karena bagaimanapun genetika ayam tetaplah ayam, walaupun dirancang di pabrik. Tidak akan berubah menjadi angsa. dan standard pakan yang direkomendasikan pabrik adalah angka rerata atau angka tengah. Sehingga ada ruang untuk mengelola efisiensi pakan tersebut.

Memang ada beberpa kemungkinan peluang untuk meningkatkan efisiensi Produksi pakan ketika harga pakan melambung tinggi. Beberapa diantaranya mengurangi tingkat kematian sehingga kerugian ekonominya bisa ditekan. bisa juga dengan langsung pada efisiensi pakan dengan mencari kombinasi pakan yang lebih ekonomis. Mungkin cara komunitas ternak natural nusantara dalam artikel ini : BOBOT AYAM MENINGKAT,....  bisa jadi bahan pertimbangan sebagai alternatif efisiensi pakan.

1 komentar:

TULISAN TERKAIT